fajarnews

Ribuan Peserta Ramaikan Fun Bike Tour de Keraton

Redaksi : Andriyana | Senin, 11 September 2017 | 01:02 WIB

DRI
Sultan Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat bersama para peserta Fun Bike Tour de Keraton berfoto di area Taman Gua Sunyaragi, Minggu (10/9)

Fajarnews.com, CIREBON - Ribuan peserta penggiat olahraga bersepeda meramaikan acara Fun Bike Tour de Keraton. Start dari Keraton Kasepuhan dan berakhir finish di Taman Goa Sunyaragi Kota Cirebon, Minggu pagi (10/9).

Fun Bike Tour de Keraton adalah salah satu kegiatan upaya promosi pariwisata yang dikemas dengan olahraga bersepeda yang rutin digelar tiap tahun oleh Keraton Kasepuhan.

Acara kali ini digelar  dalam rangka menyambut Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Kota Cirebon yang akan berlangsung pada 15-19 September 2017 mendatang.

Ribuan peserta fun bike dilepas oleh Sultan Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat di halaman Keraton Kasepuhan Pukul 07.15 WIB.
Mereka melewati rute Jalan Yos Sudarso, Sisingamaraja, Samadikun, Diponogoro, Slamet Riyadi, Wahidin, Cipto Mangunkusumo, Pemuda, Bypass Brigjen Darsono dan finish di Taman Goa Sunyaragi.

Sultan Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat mengatakan, acara Fun Bike Tour de Keraton ini memasuki tahun keempat. "Ini dalam rangka bagaimana mengangkat budaya dan pariwisata Cirebon melalui bersepeda dan berolahraga," kata Sultan kepada wartawan disela tersebut.

Fun bike kali ini diikuti sekitar lima ribu peserta perorangan maupun dari klub-klub olahraga bersepeda yang datang dari berbagai daerah, seperti Subang, Bandung, Jakarta dan dari wilayah Ciayumajakuning.

Sultan Sepuh XIV berharap dengan adanya Tour de Keraton, wiasata dan budaya di Cirebon akan lebih maju dan berkembang. Dan berharap juga di tahun-tahun mendatang jumlah pesertanya lebih banyak lagi.

Pantauan fajarnews.com, para peserta setelah memasuki lokasi finish di Taman Gua Sunyaragi, para peserta berkumpul di panggung budaya tempat berlangsungnya acara pengundian hadiah dan hiburan.

Sambil menantikan acara pengundian hadiah berbagai barang elektronik dan sepeda motor, para peserta menyempatkan menikmati wisata dan berfoto-foto di Goa Sunyaragi.

Anggota DPRD Kota Cirebon, Jafarudin juga terlihat ikut meramakan kegiatan fun bike ini. Ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan fun bike Tour de Keraton yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penyambutan FKN 2017 di Kota Cirebon akan dapat menginformasikan lebih luas lagi tentang adanya kegiatan FKN yang akan digelar di Kota Cirebon.

“Anggap saja kegiatan ini woro-woro kepada masyarakat, sehingga nanti pada saat tanggal 15 sampai dengan tanggal 15 sampai 19 September ini masyarakat juga bisa menyebarluaskan kegiatan-kegiatan dalam menyambut ataupun meeriahkan Festival Keraton Nusantara di Kota Cirebon,” ujarnya.

Pihaknya di DPRD Kota Cirebon, khususnya di Komisi III juga berkoordinasi untuk bagaimana Festival Keraton Nusantara ini semua diketahui oleh masyarakat Kota Cirebon sendiri pada khususnya.

“Untuk umumnya kami juga berkoordinasi dengan kawan-kawan PHRI agar di hotel-hotel juga semua terus disebarluaskan. Agar nanti pada pelaksanaannya semua bisa tumpah ruah d Kota Cirebon,” ujar Jafarudin. (DRI)

Loading Komentar....