fajarnews

Kampung Bintang, Destinasi Wisata Baru Ujung Gebang

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 23 Mei 2017 | 15:05 WIB

Robi Cahyadi
Kepala Desa Ujunggebang, H. Kusnato memantau aktivitas warga Blok Pegagan, yang melakukan pengecatan bahu jalan.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Program desa wisata yang dirintis Pemdes Uiung Gebang, Kecamatan Sukra, yang diawali dengan mewujudkan obyek wisata bahari Pantai Plentong Tanjung Pura, kini kembali dilakukan pengembangan area wisata dengan dirintisnya Kampung Bintang, yakni membangun kampung dengan ornamen gambar bintang di segala penjuru dengan warna yang beragam, di Blok Pegagan desa setempat.

Kepala Desa Ujunggebang, H. Kusnato, ketika ditemui di sela kegiatan penataan Kampung Bintang, Senin (22/5) mengatakan, penataan Kampung Bintang meski baru satu pekan berjalan sudah menghasilkan progres yang cukup lumayan, hal itu dikarenakan adanya dukungan masyarakat setempat yang sangat respon dengan program yang diluncurkan Pemdes Ujunggebang.

"Sikap responsif warga Blok Pegagan untuk membaur bersama perangkat desa dengan melakukan gotong royong mempercepat progres terwujudnya Kampung Bintang," ujarnya.

Kusnato juga mengatakan, pembangunan Kampung Bintang merupakan bagian dari rintisan destinasi wisata Ujunggebang sebagaimana diprogramkan dalam draf pembangunan desa untuk menjadikan Desa Ujunggebang sebagai desa wisata, sehingga dengan adanya Kampung Bintang akan menambah ragam destinasi bukan hanya Pantai Plentong saja.

Harapannya, lanjut Kusnato, dengan semakin banyaknya jumlah titik kunjungan akan mendorong peningkatan derajat ekonomi warga berkaitan dengan  daya beli yang dilakukan pengunjung sehingga akan mempercepat proses pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pada prinsipnya kami akan mendorong pertumbuhan ekonomi warga sehingga dengan dibangunnya sejumlah destinasi wisata dapat dijadikan sebagai salah satu daya dukung peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut," terangnya.

Salah seorang warga Blok Pegagan, Dasam (55) mengaku sangat mendukung rencana pembangunan Kampung Bintang sehingga lingkungan kediamannya akan menjadi salah satu kunjungan wisata dan itu menjadi peluang usaha yang baik bagi masyarakat di Blok Pegagan.

"Untuk segera terwujudnya Kampung Bintang, kami beserta masyarakat yang lainnya turut ambil bagian pada pekerjaan pembangunan Kampung Bintang tanpa mengharapkan imbalan dari pemerintah desa," terangnya. (Robi Cahyadi)

Loading Komentar....