fajarnews

Curug Sawer Majalengka, Keindahan Alam yang Tersembunyi

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 18 Mei 2017 | 11:15 WIB

Irgun
Curug Sawer yang terletak di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.*

 

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Kali ini, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASSPI) Kabupaten Majalengka dan fajarnews.com kembali menyusuri jalan setapak menuju keindahan Curug Sawer yang terletak di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Curug Sawer ini letaknya masih tersembunyi karena memang tempatnya jarang terjamah manusia dan dan hanya sebagian kecil orang saja yang mengetahui tempat ini.Curug sawer terdiri dari lima curug yang masing-masing mempunyai keunikan tersendiri.  Pada curug pertama dan kedua, meski tidak terlalu tinggi, menawarkan keindahan panorama alam dan konon dipercayai memiliki keramat.

“Orang akan memperoleh kemudahan mendapatkan jodoh dan menemukan kebahagiaan kehidupan duniawi jika mandi di sini dan melakukan upacara khusus,” kata seorang petugas RPH Desa Argapura.

Pada curug ketiga, terdapat areal yang dapat dijadikan camping ground (area perkemahan). Areal yang dipenuhi pohon-pohon besar dengan akar yang merambat menciptakan suasana mencekam dan menantang bagi orang yang suka terhadap misteri. Selain itu, dinding curug yang terdiri dari cadas dan batuan keras dapat dijadikan arena olahraga turun tebing.

Curug keempat dan kelima yang relatif saling berdekatan memiliki areal yang lebih luas. Hutan alam yang berada di dasar lembah begitu luar biasa.  Suasana alam di dasar lembah ini akan menimbulkan perasaan luar biasa, terlebih saat kabut turun menyelimuti lembah.

Untuk mencapai Curu Sawer harus ditempuh dengan berjalan kaki yang melelahkan tapi mengasyikkan terutama bagi yang berjiwa petualang. Curug yang masih asri dan belum terjamah pembangunan ini menjanjikan keindahan pemandangan alam yang tentunya tidak akan kalah menarik dengan objek wisata lain.

Curug ini memiliki ciri khas yakni masih sangat alami sehingga jika pengunjung berada dalam kawasan Curug Sawer akan merasakan suasana alam yang sesungguhnya. Curug ini sangat cocok bagi pengunjung yang menginginkan ketenangan dan lebih dekat dengan alam. 

Pengunjung harus ektra hati-hati karena jalannya masih labil dan belum dibangun fasilitas yang memadai. Karenanya, wisata air terjun ini masih belum tergolong dalam objek wisata yang telah dikelola seperti kebanyakan objek wisata yang lain di Majalengka.

Berjarak sekitar 10 km sebelah timur Kota Maja atau  sekira 21,5 km dari pusat kota Majalengka, obyek wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dari Terminal Maja yang menuju ke Desa Argalingga. 

Bila Anda bertemu SD Argapura, selanjutnya menyusuri jalan kecil di tengah ladang sayuran dan palawija khas pengunungan. Kondisi jalan setapak ini cukup curam dengan kemiringan sekitar 50-70 derajat. Disarankan Anda berhati-hati karena jalan yang akan dilalui licin, rawan longsor dan penuh dengan semak belukar. 

Jalan setapak inilah yang akan menuntun Anda menuju lokasi wisata Curu Sawer. Dipastikan rasa lelah dan kaki pegal akan sirna setelah melihat kesejukan dan panorama indah di antara pepohonan rindang Curug Sawer. (Irgun)

Loading Komentar....