fajarnews

Menikmati Panorama Curug Baligo

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 4 Mei 2017 | 20:06 WIB

Irgun
Curug Baligo Majalengka.*

 

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Melancong ke Kabupaten Majalengka memang tak akan pernah bosan. Banyak destinasi wisata baru bermunculan, terutama wisata alam dan wisata air terjun yang layak dikunjungi. Kali ini “FC” mengunjungi salah satu wisata curug atau air terjun di Desa Padaherang Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Warga setempat menamakannya Curug Baligo karena memang lokasi terletak di Blok Baligo.

Curug Baligo ini merupakan curug tertinggi di antara curug yang ada di Kabupaten Majalengka. Konon, ketinggiannya mencapai 30 meter. Untuk menuju panorama Curug Baligo memang tidak mudah.

Anda bisa melewati jalur Rajagaluh-Cirebon yang berbelok menuju Desa Lengkong Kulon. Diperlukan tenaga dan usaha ekstra untuk mencapai lokasi karena harus menyusuri sungai dan meloncat dari batu ke batu dengan medan yang cukup menantang.

Perjuangan yang melelahkan tersebut akhirnya akan terbayarkan dengan percikan air dan pemandangan Curug Baligo yang menawan. Objek wisata ini mulai naik daun sejak banyak yang mengunggahnya ke media sosial.

Irgun
Curug Baligo Majalengka.*

Bersama kawan-kawan dari Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Kabupaten Majalengka (ASSPI), “FC” menyusuri setiap jengkal jalan terjal dan berliku. Setelah mejumpai Balai Desa Lengkong Kulon, penelusuran masih terus berlanjut mengikuti jalan menanjak hingga bertemu spanduk betuliskan Curug Baligo.

Akhirnya kendaraan kami berakhir di tempat parkir kendaraan di lahan yang disediakan oleh warga. Menuju jalan masuk curug ini relatif baik, bisa dilalui kendaraan roda empat maupun dua.

Dari tempat parkir, perjalanan masih dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Curug Baligo. Jalan menuju Curug Baligo merupakan jalan setapak dengan dominasi tanah merah dan sebagian sudah bersemen.

Tiba di lokasi curug, Anda bisa melepas lelah dari kepenatan selama perjalanan. Sayangnya, rasa penasaran menolak untuk beristirahat terlalu lama. Pesona kawasan Curug Baligo mendorong kami untuk langsung menuju curug.

Curug Baligo yang dikelilingi rimbunnya pepohonan di alam yang asri dan suasana sejuk membuat para pengunjung tidak tahan untuk memasuki air dan berenang di bawah derasnya air terjun. Dingin menyengat di sekujur tubuh akibat guyuran air terjun nan jernih tak membuat pengunjung angkat kaki.

Mereka tetap berendam diselingi berselfie ria begitu kental terlihat di kawasan kaki Gunung Ciremai itu. Ituah Curug Baligo. Wisata curug nan indah di kawasan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. (Irgun)

 

Loading Komentar....