fajarnews

Cirebon Bakal Segera Miliki Bus Turis “Citros”

Redaksi : Andriyana | Jumat, 28 April 2017 | 23:24 WIB

Dok Bhinneka Sangkuriang
Ilustrasi desain karoseri bus Citros yang akan diluncurkan.

Fajarnews.com, CIREBON - Cirebon sebentar lagi bakal memiliki fasilitas layanan layanan tour kota dengan menggunakan bus ala Bandros (Bandung Tour on Bus). Sebuah perusahaan angkutan transportasi di Cirebon, Bhinneka Sangkuriang tengah menyiapkan peluncuran bus wisata yang diberinama Cirebon Tourism on Bus atau Citros tersebut.

“Sebentar lagi kami mau meluncurkan Cirebon Tourism on Bus namanya Citros. Bus ini akan keliling secara reguler ke destinasi wisata yang ada di Kota dan Kabupaten Cirebon, bahkan wilayah III Cirebon.Termasuk kami akan memfasilitasi kebutuhan turis untuk City Tour di wilayah Cirebon Raya,” ungkap Manager Operasional Bhinneka Sangkuriang, Karsono kepada fajarnews.com, Rabu (26/4).

Menurutnya, bus ini bentuknya akan dibuat khusus dan unik seperti bentuk kapal dan perahu. Jika bus Bandros berlantai dua, maka bus Citros hanya berlantai satu atau single deck dengan panjang 7.120 mm, tinggi 2.310 mm dan lebar 1.920 mm. Saat ini, armada bus Citros tersebut dalam tahap perakitan karoseri.

“Sekarang sudah tahap rancang bangun. Yang akan diluncurkan sesuai kebutuhan. Mungkin pertama 5 unit dulu kami sudah bikin ke karoseri sekarang. Nanti kalau kebutuhannya melebihi itu kami akan tambah. Bentuk kendaraannya sangat unik seperti Bandros, ada yang model perahu dan kapal, mengundang daya tarik wisata,” ungkap Karsono.

Bus Citros ini, kata dia, akan mobile di wilayah kota dan kabupaten Cirebon, bahkan sampai Kuningan, Indramayu dan Majalengka untuk memfasilitasi transportasi menuju sarana destinasi wisata. “Jadi nanti konsepnya dia akan berkeliling secara reguler di hari-hari tertentu, bisa juga secara carter wisata,” paparnya.

Terkait rencana peluncuran bus Citros ini, Karsono menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak dinas perhubungan juga dinas pariwisata kota dan Kabupaten Cirebon, termasuk akan berkoordinasi untuk penentuan titik-titik rute destinasi wisata yang akan dilalui bus Citros ini.

“Kami juga akan bicarakan dengan hotel-hotel. Mungkin dalam waktu dekat kami akan mengundang seluruh manager hotel dan seluruh manager supermarket untuk memaparkan program Citros ini,” pungkasnya. (DRI)

Tags: BUS TURIS WISATA
Loading Komentar....