fajarnews

Keraton Kasepuhan Masih Jadi Favorit Para Wisatawan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 25 April 2017 | 13:25 WIB

Hasan Hidayat
Wisatawan sedang foto bersama di depan Keraton Kasepuhan. Dalam liburan panjang ini Keraton Kasepuhan masih menjadi tujuan utama wisatawan.*


Fajarnews.com,CIREBON- Banyaknya wisata sejarah seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan dan wisata kuliner di Kota Cirebon jadi daya tarik tersendiri bagi warga luar kota untuk menghabiskan waktu libur panjangnya berkunjung bersama keluarga di Kota Wali, Cirebon.

Pantuan fajarnews.com di Keraton Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, pada Minggu (23/4), mobil bus pariwisata, mobil pribadi maupun sepeda motor memadati tempat parkir setempat.

Tidak hanya kendaraan, terlihat di loket tiket masuk beberapa saat sempat terjadi antrean. Pemandangan tersebut menandakan di libur panjang Isra Mikraj ini banyak warga baik dari dalam kota maupun luar kota memilih Keraton Kasepuhan untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu liburannya.

Salah seorang pengunjung asal Jakarta, Uci mengatakan, ia bersama rombongan dari Jakarta sengaja mengunjungi Keraton Kasepuhan, selain untuk melihat dan memahami sejarah Keraton-keraton yang ada di Kota Cirebon, dirinya juga sangat ingin mengabadikan gambar di lokasi, karena, menurutnya, Keraton Kasepuhan terlihat cantik dan penuh nuansa kerajaan jaman dahulu jika dilihat dari foto-foto yang sudah tersebar di media sosial.

“Saya penasaran dengan Keraton Kasepuhan, di medsos orang-orang banyak yang foto di sini, bagu-bagus, selain itu di keratin ini juga saya ingin mengenal sejarah lebih jauh,” ungkapnya.

Ia mengaku baru pertama kali masuk ke keraton Kasepuhan dan di dalam ia seakan akan masuk pada zaman Kesultanan Cirebon. Dimana sampai sekarang masih banyak peninggalan dan benda pusaka yang disimpan di dalamnya. Selain itu bangunannya juga masih seperti dahulu.

"Benda-benda peninggalannya masih terawat, jadi bagus juga di keraton Kasepuhan ini," tuturnya.

Pengunjung lain, Edo asal Bogor mengatakan, berkunjung ke keraton beserta keluarga untuk melihat dan berlibur di libur panjang ini dan ia mengabadikan momen kunjungannya dengan berfoto bersama keluarga didalam keraton.

Dirinya yang memang sangat tertarik dengan sejarang mengungkapkan, Cirebon itu masih menyimpan cagar budaya, arsitektur dan pusaka-pusaka kuno bekas peninggalan zaman wali, dan ketika menengok sejarah bahwa Kerajaan Cirebon itu didirikan salah satu wali sanga, yaitu Syekh Syarif Hidayatullah, yang dikenal dengan nama Sunan Gunungjati.

“Saya sangat suka dengan wisata sejarah seperti mengunjungi keraton, di setiap kunjungan seperti ini saya tidak ketinggalan mengabadikan momen dengan berfoto bersama keluarga ataupun teman-teman,” ungkapnya. (Hasan Hidayat)

Loading Komentar....