fajarnews

Rasa Manis Serabi Ambon Dijamin Bikin Ketagihan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 8 April 2017 | 14:05 WIB

Irgun
Serabi Ambon.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Ada yang unik nih bila Anda berkunjung ke Pasar Perumnas Harjamukti, Kota Cirebon. Persis di belakang pasar, Anda akan menjumpai  angkringan yang diberi nama Serabi Ambon Mama Yunus. Jangan berharap serabi yang dipesan akan bercita rasa asin gurih seperti umumnya rasa serabi.

Serabi Ambon ini akan terasa beda saat kali pertama menyentuh lindah. Rasa manis dan legit langsung menyergap kala Anda mengunyah Surabi Ambon. Rasa manis itulah yang membuat para pelanggan ketagihan.

Menurut pedagang Serabi Ambon, Andi, dirinya sudah berdagang Serabi Ambon sejak tiga tahun lalu. “Sebelumnya ibu saya yang berdagang di sini. Namun karena sudah tua akhirnya saya menggantikan Beliau,” katanya.

Irgun
Pedagang Serabi Ambon di belakang Pasar Perumnas Kota Cirebon, Andi.*

Nama Serabi Ambon, lanjutnya, bukan karena serabi ini berasal dari Ambon. “Ceritanya memang unik. Dahulu semasa remaja ibu saya berpacaran dengan orang Ambon karena bukan jodohnya, masa pacaran mereka tidak sampai ke pelaminan,” kisah Andi.

Kenangan itu terus menghantui ibunya dan akhirnya ia menciptakan resep baru yang kemudian dikenal Serabi Ambon. “Alasannya karena umumnya orang Ambon itu hitam manis, ibu saya menamakannya Serabi Ambon karena rasa serabi yang diciptakannya berasa manis,” ujar Andi.

Maka muncullah nama Serabi Ambon Mama Yunus. Nama terakhir, tambahnya, adalah nama ibunya sendiri. Andi mengungkapkan, resep Serabi Ambon terdiri dari tepung beras, terigu, gula putih, vanili, garam, baking soda, santan, air dan minyak goreng.

“Cara pengolahannya, masukan tepung beras, terigu, gula, vanili, garam, santan, air diadon kemudian  masukan baking soda adoni sambil ditepuk-tepuk diamkan 5 menit. Panaskan cetakan olesi minyak dan tuangkan adonan. Tutup adonan biarkan sampai matang sambil sesekali dibuka tutupnya agar kue berongga. Jika sudah kelihatan coklat bawahnya angkat dan sajikan,” paparnya.

Berbagai varian rasa ia sediakan yaitu rasa original, pandan dan coklat. “Untuk satu surabi saya jual Rp 1.000,00. Dalam sehari minimal terjual sekitar 75 buah dan Sabtu-Minggu biasanya di atas seratus biji,” ujar dia. (Irgun)

Loading Komentar....