fajarnews

Suka Berpetualang? Coba Deh Eksplor Wisata Alam Kuningan Bagian Selatan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 8 April 2017 | 10:05 WIB

Sopandi
Curug Luhur di Desa Padahurip, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan.*

Fajarnews.com, KUNINGAN- Jika Anda suka jalan-jalan ke wilayah Kuningan, maka cobalah ekplor ke wilayah bagian selatan, seperti Kecamatan Selajambe dan Kecamatan Subang. Di sana Anda akan menjumpai panorama alam dan potensi wisata yang sangat alami.

Di Kecamatan Subang misalnya, Anda akan menjumpai wisata air panas alami, sementara di Kecamatan Selajambe, Anda akan menemukan air terjun yang pas untuk Anda jadikan tempat selfie ataupun mandi sekalian. Seger deh pokoknya.

Ada tiga curug (air terjun) yang lokasinya terpisah di kecamatan tersebut. Di antaranya, Curug Luhur di Desa Padahurip, Curug Ngelay di Desa Bagawat, dan Curug Tonjong di Desa Jamberama. Tapi, konon katanya, masih banyak lokasi curug yang bisa Anda temukan di sana. Maklum, Kecamatan Selajambe merupakan daerah yang berada di sekitar bukit dan gunung, jadi sangat wajar jika hampir di setiap desa ditemukan curug.

Penasaran kan? Bagi Anda yang hobi berpetualang, cobalah eksplor tempat-tempat tadi, siapa tahu bisa menemukan curug-curug baru yang sangat indah. Tapi over all, ketiga curug yang disebutkan di atas, itu yang saat ini dikenal, karena lokasinya dekat dengan pemukiman warga.

Nah, jika Anda berniat untuk menuju Curug Luhur, maka Anda cukup membutuhkan waktu 15 menit dari pemukiman warga di Dusun Cipicung Desa Padahurip. Dengan waktu yang relatif singkat itu, siapapun yang akan berkunjung tidak harus mengeluarkan tenaga ekstra, karena lokasi curug ini paling dekat di antara curug-curug lainnya.

Karena masih sangat alami, artinya belum dikelola oleh pemerintah desa setempat, pengunjung yang datang pun masih warga sekitar ya guys. Belum ada laporan dari warga setempat jika ada orang dari luar daerah yang datang ke situ. Makanya, curug ini masih belum bisa dijadikan asset untuk menambah pendapatan desa.

Nah kalau untuk Kecamatan Subang, air panas alaminya, mampu menarik perhatian warga ya guys. Berbeda dengan Kecamatan Selajambe, di sini tempat wisatanya sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Makanya tak aneh jika pengunjungnya juga bukan hanya dari warga setempat, tapi juga dari luar daerah.

Ada tiga kolam air panas yang bisa Anda jumpai di sini. Masing-masing kolam menyajikan suhu sedang, hangat, dan panas. Selain untuk anak-anak, desain kolam juga tersedia untuk orang dewasa. Menariknya, tidak jauh dari lokasi ini, ada air terjun dan kolam khusus untuk terapi kulit yang dilengkapi juga dengan penginapan. Asyik bukan? (Sopandi)

Loading Komentar....