fajarnews

Bupati Kuningan Terima Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016

Redaksi : Andriyana | Senin, 19 September 2016 | 00:24 WIB

AAF
Bupati Kuningan H. Acep Purnama saat menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata RI Arief Yahya

Fajarnews.com, KUNINGAN - Gedung perundingan Linggarjati yang ada di Kabupaten Kuningan adalah saksi sejarah perundingan antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1946.

Kini keberadaannya makin tersohor di nusantara setelah menyabet Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016 kategori situs sejarah terpopuler (Most Popular Historical Site) dari Kementerian Pariwisata RI.

Penghargaan yang diterima Bupati Kuningan H. Acep Purnama pada Jumat (16/9) itu diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di aula Gedung Kementerian Pariwisata RI.

Gedung Linggarjati Kabupaten Kuningan berada diurutan ke 2 setelah Museum Pengasingan Soekarno di Ende Nusa Tenggara Timur, dan posisi ketiga ditempati Benteng Tolukko Maluku Utara.

Ketua Penyelenggara Muhammad Syafaat mengatakan penyelenggaraan API ini hasil kerjasama antara Kementerian parwisata RI dengan PT. Ayo Jalan-Jalan.com yang merupakan rangkaian kegiatan tahunan dalam upaya membangkitkan apresasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

“Penyelenggaran API ini juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing,” kata Syafaat.

Disebutkan Syafaat, penyelenggaran API dimulai dengan mengajak masyarakat untuk memilih distinasi atau obyek wisata yang terbaik atau terpopuler menurut pendapat masyarakat dengan cara voting melalui website ayojalanjalan.com.

“Masyarakat diwajibkan mengakses website ayojalanjalan.com, kemudian mereka memilih obyek wisata sesuai kategori yang telah disiapkan. Dari hasil pemilihan masyarakat tersebutlah akan didapat destinasi atau obyek wisata terpopular di tiap kategorinya,” kata Syafaat.

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI, Arief Hidayat mengatakan diera digital saat ini, semuanya akan mudah dan menjadi salah satu alat untuk mempromosikan destinasi oatau obyek pariwisata.

“70 persen orang yang berwisata mereka lebih dalahulu melakukan pencarian di dunia maya, atau berbagai menggunakan internet dan kemudian melakukan pay atau melakukan pembayaran,” kata Arief.

Bagi Arief, penghargaan tersebut bernilai tinggi. Sebab dengan penghargaan itu diharapkan para penerima penghargaan baik Gubernur, Walikota dan Bupati dapat terinspirasi dan termotivasi untuk terus memajukan dan mempromosikan destinasi atau obyek wisata di daerahnya masing-masing.

“Hal ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dengan pencanangan Pariwisata sebagai penggerak perekonomian Indonesia melalui target 20 Juta wisatawan di tahun 2020,” kata Arief.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengaku bangga dapat menerima penghargaan tersebut. Aungerah Pesona Indonesia ini diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Penghargaan ini tidak akan ada kalau tidak didukung oleh masyarakat Kabupaten Kuningan. Semoga tujuan Kabupaten Kuningan menjadi Kabupaten Agropolitan di tanah legenda bisa cepat tercapai,” kata Acep.

ALI AL-FARUQ

 

Loading Komentar....