fajarnews

Tour D’Keraton Siap Digelar Kembali di Kota Cirebon

Redaksi : Andriyana | Jumat, 12 Agustus 2016 | 23:06 WIB

HASAN
Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan (kedua dari kiri) saat konferensi pers event Tour D'keraton 2016

Fajarnews.com, CIREBON - Kesuksesan acara Tour D’Keraton siap diulang kembali di tahun ini, kegiatan yang akan dilaksanakan pada Minggu 4 September 2016 itu dalam rangka Hari Radio ke-71, terselenggara atas kerjasama LPP RRI Cirebon dengan Keraton Kesepuhan.

Ketua panitia Sugiyo mengatakan, awal bulan September nanti tepatnya tanggal 4, akan digelar kegiatan jalan sehat Indonesia Nasional dan family fun bike tour d’keraton 2016.

Kegiatan ini bertujuan mewujudkan Cirebon Jawa Barat sebagai pusat budaya dan destinasi wisata berkualitas dunia, meningkatkan perkembangan ekonomi berbasis potensi, melestarikan aset budaya lokal dan meningkatkan sumber daya manusia bidang budaya dan kepariwisataan.

“Kegiatan Tour D’ Keraton dan Jalan Sehat ini merupakan kalender rutin yang dilakukan setiap tahun dalam moment hari ulang tahun RRI tanggal 11 September. Diharapkan dengan kegiatan Jalan Sehat Indonesia dan Fun Bike Tour D’Keraton para wisatawan lokal maupun luar negeri bisa berkunjung ke Cirebon,” kata Sugiyo saat konferensi pers di Dalem Arum, Keraton Kasepuhan, Jum’at (12/8).

Di kesempatan yang sama, Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat, SE mengatakan, Fun Bike Tour D’Keraton 2016 ini merupakan tahun ketiga, kegiatan tersebut pada tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Radio ke-71 yang dipusatkan di Kota Cirebon.

Ia mengharapkan, kegiatan ini dapat mewujudkan Cirebon sebagai pusat budata dan destinasi wisata, sekaligus terwujudnya kota yang Religius, Aman, Maju, Aspiratif dan Hijau (RAMAH) pada tahun 2018.

“Diharapkan dengan kegiatan ini Cirebon bisa terus dikenal dari berbagai daerah dan luar negri dan dapat meningkatkan kunjungan wisata dengan potensi Cirebon yang sangat besar sekali, sehingga Cirebon yang dikenal sebagai Kota Wali, Kota Budaya dan pariwisata dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh lapisan masyarakat,” ungkap Sultan Arief.

Sugiyo kembali menjelaskan, untuk jalur Fun Bike dan Jalan Sehat rutenya berbeda, Jalur Jalan Sehat yang akan dilalui adalah Jalan Pemuda, Jalan Sudarsono, Jalan Kesambi, Jalan Kesambi Dalam, Jalan Suci Manah, Jalan Pulasaren, dan Finish di Keraton Kasepuhan.

Sementara itu, untuk jalur Fun Bike Tour D’Keraton rute yang dilalui adalah, Jl. Brigjen Darsono By. Pass, Kedawung, Tuparev, Krucuk, Jl. Diponogoro, Jl. Samadikun, Jl. Sisingamangaraja, Jl. Yos Sudarsono, Jl. Kesunean, Pegambiran, Jl. A. Yani, Grage City, Pegambiran Regency, Jl, Jagasatru, Jl. Pulasaren  dan Finish di Alun-alun Kasepuhan.

“Jarak tempuh sepeda sejauh 22 km dan jalan sehat sejauh 3,6 km,” pungkasnya.

M. HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....