fajarnews

Komisi C DPRD Kota Cirebon Nilai Pemkot Belum Siap Kembangkan Wisata

Redaksi : Andriyana | Selasa, 9 Agustus 2016 | 21:02 WIB

Fajarnews.com, CIREBON - Komisi C DPRD Kota Cirebon menganggap Pemerintah Kota Cirebon masih lesu dalam menyiapkan diri sebagai kota destinasi wisata.

Padahal Kota Cirebon itu dilalui infrastruktur jalan seperti Cipali, kereta api dan sebentar lagi bandara Kertajati Majalengka akan diresmikan. Namun, fasilitas pendukung belum memadai, seperti belum adanya fasilitas parkir khusus untuk bus pariwisata atau para wisatawan.

“Kondisi yang riil di lapangan kan masih semrawut, bus pariwisata masih parkir sembarangan. Imbasnya kan macet. Artinya pemkot kan tidak siap. Padahal Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa didongkrak melalui parkir,” ungkap Anggota Komisi C DPRD Kota Cirebon, Jafarudin kepada fajarnews.com, Selasa (9/8).

Ia menjelaskan, adanya parkir khusus sudah menjadi kebutuhan, karena mayoritas wisatawan berkunjung ke tempat-tempat kuliner. Menurutnya, banyak hal yang harus dibenahi, tapi yang jelas lahan parkir kurang, meski wisatawan sekadar mencicipi kuliner khas Cirebon.

“Untuk kedepannya Pemkot Cirebon harusnya bisa menyiapkan lahan parkir khusus. Selain disisi lain agar potensi wisata harus bisa lebih dikembangkan kembali,” ucapnya.

Ia menegaskan, Pelabuhan Cirebon merupakan salah satu lahan yang bisa dikelola untuk parkir dan tempat wisata. Parkir di Pelabuhan Cirebon, lanjut dia, wisatawan bisa naik delman atau becak untuk keliling pelabuhan dan kota tua.

“Wisata kota tua adalah salah satu potensi lain yang bisa mendatangkan keuntungan. Seperti wilayah BAT, Cangkol, dan Pelabuhan Cirebon. Kalau hal itu difasilitasi, maka hotel-hotel akan bisa menampung wisatawan. Dan PAD pun pasti akan meningkat. Saya yakin, urusan parkir ini tak lagi semrawut,” katanya.

Lanjut dia, persoalan penataan parkir dan lahan parkir khusus ini hanya ketersedian lahan. Pasalnya, Pemkot hanya memiliki luas sekitar 37 km saja dan kebanyak lahan kosong digunakan oleh PKL.

“Solusinya adalah kita bisa gunakan Pelabuhan Cireboon sebagai destinasi juga dan tempat parkir juga. Atau bila perlu melakukan pembebasan lahan di lokasi lain. Ini harus serius guna menyiapkan diri sebagai kota tujuan wisata,” pungkasnya.

WINARNO

Loading Komentar....