fajarnews

Asah Bakat Seni Pelajar, BKPP Gelar Berbagai Pertunjukan Seni Budaya Ciayumajakuning

Redaksi : Andriyana | Selasa, 9 Agustus 2016 | 18:16 WIB

WIN
Salah satu grup musik dSalah satu group musik dan tari dari SMAN 8 Kota Cirebon sedang menampilkan seni sintren dan nyanyian sunda disertai iringan musik angklung

Fajarnews.com, CIREBON - Badan Koordinasi Pembangunan dan Pemerintahan (BKPP) Wilayah III Propinsi Jawa Barat menggelar berbagai jenis pertunjukkan kesenian tradisional yang diikuti oleh para pelajar Se-Ciayumajakuning, Selasa (9/8).

Berbagai jenis tarian dan musik tradisional ditampilkan seperti musik angklung, barongsai, sintren, topeng dan lain-lainnya.

Kepala BKPP Wilayah III Provinsi Jawa Barat (Jabar), H. Endjang Naffandy dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pagelaran seni budaya ini bertujuan untuk mengkokohkan kehidupan sosial kemasyarakatan melalui peningkatan peran pemuda dan olahraga, seni budaya dalam kearifan lokal.

“Sebagai bangsa yang multi etnik di Wilayah Ciayumajakuning memiliki budaya yang sarat dengan seni tradisi. Seni budaya di wilayah Ciayumajakuning merupakan perpaduan dari berbagai jenis kesenian yang memiliki nilai luhur dan memiliki berbagai karakter, seni budaya ini juga memiliki makna filosofis,” ungkap Endjang.

Ia mengungkapkan, berbagai jenis pertunjukkan tradisional memiliki pesan moral yang digambarkan melalui cerita dan karakter tokohnya dengan ciri khas daerah masing-masing.

Tentunya, kata dia, hal ini sebagai tontonan dan tuntunan sudah selayaknya dilestarikan dan diangkat sebagai representasi industri berbasis budaya lokal.

“Upaya pelestarian budaya dan kesenian tradisional yang ada di wilayah Ciayumajakuning sangat  penting dikarenakan budaya dan kesenian tradisional mulai tergeser dengan arus globalisasi dan kebudayaan luar yang masuk tidak terbendung,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan sehingga dapat menjadi pagar pembatas arus globalisasi dan modernisasi tidak sampai mempengaruhi budaya dan kesenian tradisional di wilayah Ciayumajakuning.

“Pemprov Jabar selalu terus memotivasi para seniman untuk terus mengembangkan daya kreasinya agar karyanya dapat dinikmati oleh generasi masa kini dan mendatang,” pesannya.

Ia sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemda, budayawan dan seniman wilayah Ciayumajakuning yang telah berkontribusi dalam pengembangan wisata lokal dengan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pagelaran seni budaya.

“Kami berharap pagelaran ini dapat memacu semangat para seniman baik pencipta maupun pelaku seni untuk dapat menampilkan kreasi terbaiknya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan destinasi wisata, yang berguna memasyarakatkan seni tradisional untuk terus dipertahankan oleh generasi penerus bangsa,” tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....