fajarnews

Tawa Berwibawa With Stand-Up Komedy Kuningan

Redaksi : Eko Purnomo | Sabtu, 12 Maret 2016 | 17:19 WIB

Pandi
Dari Kiri ke kanan, Faishal, Ika, Septian, Amam, Ian, dan Kristian enam dari 15 personel Stand Up Komedy Kuningan

Fajarnews.com, KUNINGAN - Stand up Comedy, salah satu pertunjukan yang mampu mengundang tawa bahkan dengan keras mengocok perut penonton di televisi, belakangan mulai hadir di berbagai daerah. Tidak terkecuali di Kabupaten Kuningan.

Dipimpin oleh Hamam, mahasiswa Kuningan asal Kabupaten Brebes, sejak Mei 2015 lalu, komunitas itu hadir dari panggung ke panggung, dari komunitas ke komunitas dan dari kampus ke kampus. Tak jarang, sejumlah even besar di Kuningan lepas dari pertunjukan rombongan yang beranggotakan 15 personel itu.

“Tertawa kami tidak asal. Kami wajib menghadirkan lawakan cerdas yang mewajibkan penonton mikir sebelum tertawa. Supaya berwibawa,” kata Hamam kepada FC, Jumat (11/3).

Setiap malam Kamis, lanjut Hamam, komunitas yang dipimpinnya itu rutin open mic (tampil-red) di salah satu cafe di Kuningan. Tidak jarang juga menurutnya, dimalam atau kesempatan lain, mereka tampil serupa untuk menghibur acara khusus yang dilaksanakan oleh pihak atau komunitas lain.

“Setiap malam Kamis kami open mic di Café Free ze Bravo Kuningan. Selain untuk menguji materi para komika atau pelawak di hadapan penonton, kesempatan itu juga kami sediakan untuk penonton yang berani tampil,” katanya

Materi yang akan ditampilkan dalam open mic butuh pemahaman dan penjiwaan yang matang. Karena itu menurutnya, setiap hari Jumat sering dilakukan sharing komunitas. Baik mengenai teknik stand up, isi materi maupun bahasan lainnya yang dianggap berpengaruh besar saat pertunjukan.

“Kalau materinya sih kita angkat yang sederhana-sederhana saja. Ada tentang keresahan hidup anak muda, aktivitas sehari-hari mahasiswa, atau peristiwa yang sedang menjadi tranding topic. Baik di level negara atau lingkungan biasa,” tuturnya.

Komunitas itu akan mengahadapi puncak usianya yang ke satu di bulan Mei mendatang. Rencananya, lanjut Hamam, diulangtahunnya yang pertama itu akan mendatangngkan bintang tamu komika ibukota, Mas Cemen, juara satu Stand Up Comedy Academi di salah satu televisi swasta nasional.

PANDI

Loading Komentar....