fajarnews

Keraton Kanoman Dukung Pelestarian Objek Wisata Belawa

Redaksi : Andriyana | Selasa, 23 Februari 2016 | 21:37 WIB

Ist
Salah satu pengurus menunjukan kura-kura Belawa yang kurang terawat

Fajarnews.com, CIREBON- Objek wisata Kura-kura Belawa di Desa Belawa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon mendapat perhatian khusus dari Keraton Kanoman.

Keraton Kanoman akan mengembangkan wisata yang menjadi satu-satunya tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung kura-kura yang unik, karena pundaknya mirip dengan punggung manusia itu.

Patih Keraton Kanoman, Mochammad Qodiran mengatakan, dirinya akan mendukung dan memperhatikan kelestarian hewan khas Cirebon. Maka dari itu, Keraton Kanoman akan memperbaiki sarana dan prasarana (sarpras) di objek Wisata Belawa tersebut.

Keraton Kanoman akan survei kesana, melihat apa yang dibutuhkan pada pertengahan bulan Maret, sehingga Keraton dan masyarakat bisa bersinergi untuk membangun objek wisata Belawa ini.

“Saya turut prihatin dengan kondisi kura-kura Belawa yang rentan terkena virus dan banyak yang mati. Oleh karenanya, saya akan membentuk sebuah tim untuk memeriksa tingkat keasaman air, kondisi lumpur, kebersihan sekitar kolam, dan sanitasi air,” ungkap Patih Qodiran kepada awak media di Keraton Kanoman, Selasa (23/2).

Keraton Kanoman akan cek kondisi kolamnya, karena kata dia, disana dekat dengan kandang ayam, kandang kelinci, dan kondisi airnya juga akan diperiksa. Karena, kemungkinan situsi di sekitar kolam mempengaruhi kesehatan kura-kura.

Selain melihat kondisi kolam air disana, nanti dirinya pun akan menyuplai makanan kura-kura Belawa.

“Saya dengar pasokan makanan kura-kura dari pemerintah tahun 2016 di stop. Makanya kita juga akan suplai makanan kesana juga. Melihat hal tersebut, menggugah dan menarik saya untuk melestarikan kura-kura Belawa karena secara kebetulan saya sendiri pecinta kura-kura. Saya mencintai hewan sama seperti mencintai makhluk lainnya karena kita semua ciptaan Tuhan,” jelasnya.

Patih Qodiran pun tidak sendirian, misi pelestarian kura-kura Belawa juga mendapat dukungan dari salah satu lembaga independen Amerika Serikat yaitu Peace Corps Indonesia.

Lembaga yang dinaunginya bersama Keraton Kanoman Cirebon tersebut akan melakukan kampanye untuk menyelamatkan kura-kura Belawa melalui sejumlah kegiatan dan media sosial.

Perwakilan dari Peace Corps Inondesia, Makayla E Harelson mengungkapkan, melihat kondisi objek wisata Belawa, dirinya dan beberapa rekannya tergerak hatinya untuk mengadakan pelatihan untuk warga sekitar.

Pelatihan tersebut berisi terntang bagaimana cara merawat kura-kura, perkembangbiakannya, sekaligus kebersihan kolamnya.

"Dalam waktu dekat kami akan mengadakan pelatihan tersebut, dan bersama Keraton Kanoman kita akan kampanyekan penyelamatan kura-kura Belawa lewat event-event penting di Cirebon, salah satunya adalah di area Car Free Day,” tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....