fajarnews

Kuningan Perlu Jeli Tangkap Peluang Wisata dari Wisman Luar Kota

Redaksi : Rosyidi | Selasa, 9 Februari 2016 | 15:00 WIB

ALI AF
Ibu Pratiwi salah satu tamu Hotel Grage and Spa saat memetik angpao dipohon keberuntungan.

 

Fajarnews.com, KUNINGAN- Pelaku usaha penginapan mulai meresahkan tidak adanya fasilitas penunjang wisata di Kabupaten Kuningan, meskipun penginapan maupun perhotelan di Kabupaten Kuningan terbilang cukup banyak.

Salah satunya disampaikan General Manager Hotel Horison Tirta Sanita, Refino Mutshernar mengungkapkan bahwa meskipun libur panjang Imlek tahun ini cukup menyedot pengunjung untuk menginap ditempatnya, tapi banyak masukan dari pengunjung yang mengeluhkan kurangnya fasilitas penunjang di Kabupaten Kuningan.

“Dengan tidak adanya fasilitas penunjang untuk kunjungan wisata seperti di Malang dengan argro wisatanya, Bali, Bogor dan lainnya saya khawatir mereka klimaksnya cukup sekali saja ke Kuningan,” kata Refino yang berpengalaman dibidang perhotelan di pulau Dewata selama 11 tahun.

Refino sebagai putra Kuningan asli, menginginkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan lebih jeli melihat peluang wisata di Kabupaten Kuningan, sehingga wisatawan di Kuningan merasa terpuaskan dengan segala fasilitas yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

“Kuningan mungkin punya Cibulan, lalu Sidomba, tapi kelasnya kurang tepat bagi wisatawan dari luar daerah,” kata Refino.

Menurut Refino, pergerakan Kabupaten Kuningan hanya by co incidents semuanya bukan by purpose,  sementara di era telekomunikasi yang liar ini, kalangan menengah atas bisa berkomentar di internet, sosial media mengamati situasi wilayah.

“Kabupaten Kuningan ini sukses tidak disengaja, bukan sukses direncanakan. Coba Kabupaten Kuningan ada hal spesial, seperti contoh di Malaysia ada Sepang dan menara Petronas, kemudian di Magelang ada vila Mesastila yang kental dengan kulturnya, itu mampu menyedot wisatawan mancanegara,” kata Refino.

Apa yang diungkapkan Refino itu, disebutkannya berkat masukan dari pengunjung hotel yang dia kelola saat ini, bahkan pengunjung hotelnya mencapai 90 persen dari luar Kabupaten Kuningan, mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya pun berlibur di Kuningan.

“Jumlah kamar kita sebanyak 89 kamar penuh semua sejak Jumat kemarin sampai Senin ini dan 90 persen dari mereka semua orang luar Kuningan, ada peningkatan 50 persen dari hari biasa,” kata Refino.*

 

ALI AL-FARUQ

Loading Komentar....